Search This Blog

Monday 12 March 2012

TEKNOLOGI RADIO STREAMING DAN SEJARAHNYA

 Akhir-akhir ini saya sering mendengarkan radio streaming,apa itu radio streaming??
mari kita simak penjelasan dibawah ini.
Radio internet  biasa juga di panggil sebagai, web radio, streaming radio atau e-radio adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet .Teknologi streaming adalah cara yang digunakan untuk menyiarkan radio internet ini, streaming adalah teknologi yang bisa menerima dan mengirim informasi dari satu pihak ke pihak lain menggunakan alat yang dapat menerima aliran media streaming tersebut juga. Penyiaran melalui internet ini disebut sebagai webcasting .
Teknologi streaming ini menggunakan program lossy audio codec, yaitu program komputer yang mempunyai fungsi untuk mengkompres audio maupun video berdasarkan data yang diformat melalui streaming suara ke radio internet.Layanan radio ini dapat dinikmati dimanapun kita berada,bahkan jika kita di luar negeripun kita tetap bisa mendengarkanya. Tapi ada juga radio internet yang membatasi wilayah penyiaranya dengan alasan tertentu seperti masalah perizinan dll..Radio ini juga menyediakan layanan-layanan seperti yang ada di radio tradisional.Format audio streaming termasuk MP3, Ogg Vorbis, Windows Media Audio, RealAudio dan HE-AAC (kadang-kadang disebut aacPlus).
SEJARAH
1993, Carl Malamud meluncurkan Internet Talk Radio yaitu radio talkshow pertama yang sering mengadakan wawancara dengan ahli komputer. Akhir 93, Internet Talk Radio tidak tersedia melalui multicast streaming yaitu teknologi pengiriman informasi ke tujuan-tujuan yang telah ditentukan secara bersamaan untuk menyampaikan pesan ke link yang ditujukan dengan sekali kirim, melainkan didistribusikan sebagai data suara. Malamud sangat mendukung teknologi musticasting, maka pada akhir 94 para Internet Service Multicasting ditunjuk untuk memulai RTFM, sebuah multicast stasiun berita radio internet, dan sampai akhirnya program RTFM pada tahun 95 jangkauannya diperluas.
7 November 1994, WXYC (89,3 FM) USA menjadi stasiun radio tradisional pertama yang mengumumkan penyiaran di internet. WXYC menggunakan radio FM yang terhubung ke sistem Sunsite, kemudian dikenal sebagai Iblibio, yang menjalankan perangkat lunak Cornell's CU-SeeMe, WXYC mulai siaran dan menjalankan tes bandwidth pada awal Agustus 1994.
WREK (91,1 FM dan NM3151)  mulai melakukan siaran pada hari yang sama dengan menggunakan perangkat  lunak sendiri yang mereka sebut sebagai CyberRadio1.
Maret 1996, Virgin Radio London menjadi radio pertama Eropa yang menyiarkan acara-acara yang ada di radio tradisional . Siaran ini menggunakan sinyal FM yang dilakukan secara langsung bersamaan di internet 24 jam penuh.
Radio internet sangat  menarik perhatian media dan investor pada tahun 90-an, tahun 98 penawaran saham publik Broadcast.com mengalami kerugian. Oleh sebab itu pada tanggal 20 Juli 1999 Broadcast.com dibeli Yahoo! dengan harga US $ 5,7 milliar.



TUGAS 1
Nama         : Naufal Farid
Nim            : A11.2011.05895
Mata Kuliah: Konsep Teknologi


.

No comments:

Post a Comment